Kotak dalam Kotak

Image

Hari ini gue lagi sial, kustomisasi file OS padahal sudah di backup, tapi pas restart malah ga bisa jalan OSnya alhasil mesti system restore dulu, saya ngelakuin kustomisasi biar tampilan OS jadi keren tanpa pakai aplikasi third party, tapi beresiko tinggi maka dari itu sang developer dari seluruh dunia menciptakan sebuah aplikasi virtual. kalau dalam kasus saya ini, saya harusnya memakai VirtualBox

VirtualBox itu ibarat PC didalam PC, tujuan dari aplikasi virtual sendiri yaitu mensimulasikan suatu aktivitas yang nantinya akan dimasukkan ke dalam PC anda dan berjalan sebagaimana mestinya.
VirtualBox adalah program dari Oracle yang bisa mensimulasikan hardware x86 (32 bit) maupun x64, karena bisa mensimulasikan hardware virtualbox ini dapat diinstal sistem operasi layaknya PC sungguhan

software ini bersifat freeware dan memakai lisensi GNU Lisensi 2.0
berikut penampakannya

Image

gambar di atas virtualbox untuk Ubuntu yang menjalankan OS Windows XP.

Image

gambar di atas VirtualBox untuk Mac OS X yang menjalankan OS Windows 7.

Image

 gambar di atas VirtualBox untuk Windows 7 yang menjalankan OS Ubuntu.

nah sudah jelas kan gimana yang namanya VirtualBox itu, tapi buat apasih ? ya seperti kasus saya tadi, aplikasi virtual ini dipakai untuk testing atau memodifikasi file tanpa harus memodifikasi file asli PC, jadi yang keganti hanya OS virtualnya saja, jadi kalau error kan ga jadi masalah cuy!

Untuk manualnya silahkan lihat di VirtualBox Manual

Ohya selain itu ga cuma VirtualBox, masih banyak lagi. Contoh :

  • Sandboxie (virtual aplikasi/software)
  • PCSX 1 & 2 (virtual playstation)
  • JPCPSP (virtual PSP berbasis java)
  • dan masih banyak lagi

searching di mbah gugel aja ya! atau cari di forum terdekat

referensi:

http://www.virtualbox.org

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013811988/official-thread-oracle-vm-virtualbox/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s